Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Telinga merupakan salah satu indera yang sangat penting yang perannya untuk kehidupan manusia, tanpa adanya telinga maka yang secara otomatis akan mengakibatkan seorang menjadi bisu, karena tidak adanya suara yang ditangkap atau pun juga didengarh

Perlu kita ketahui bersama telinga memiliki berbagai bagian yang ternyata memiliki fungsi yang berbeda beda. Seperti daun telinga yang memiliki fungsi mengarahkan suara ke lubang telinga yang akan diteruskan ke bagian dalam telinga yang akan dikirimkan ke otak , sehingga otak dapat menerjemahkan berbagai suara tersebuth

Seperti halnya indera yang lain, telinga juga sangat penting untuk dijaga kesehatannya untuk menjaga kesehatannya sangat mudah.

Berikut tips menjaga kesehatan telinga:

  • Jangan mengorek telinga menggunakan cotton bud

Karena hal ini bukannya membersihkan kotoran, melainkan semakin mengotori telinga karena kotoran akan masuk kedalam. Bagi umat Islam berwudhu merupakan perawatan telinga yang sempurna.

  • Sesekali mencoba dengan terapi lilin

Karena sangat membersihkan kotoran yang ada ditelinga, pelajari bagaimana cara melakukan terapi lilin, lalu anda bisa mencobanya dirumah.

  • Jangan pernah menggaruk telinga ketika rasa gatal

Rasa gatal bisa di akibatkan oleh eksim atau prosiasis, segera kedokter untuk mendapatkan pengobatan.

  • Perawatan rutin

Jika anda merasa tidak beres dengan telinga anda seperti tedengar bunyi-bunyi, sebaiknya anda berkunjung ke spesialis THT, lakukan pemeriksaan rutin setidaknya satu tahun sekali, ini juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga anda.

  • Manfaatkan eardrops

Sebelum tidur baiknya anda membersihkan bantal dan kasur, mencegah keberadaan serangga atau semut. Jangan abaikan hal ini karena mereka bisa mengganggu jika berhasil masuk ke telinga anda.

Demikian tips menjaga kesehatan telinga, semoga bermanfaat dan bisa merubah kondisi telinga anda lebih baik lagi.

 

Admin IP