Wisuda dan Angkat Sumpah Mahasiswa Akademi Farmasi Samarinda Angkatan ke XIV Tahun Akademik 2016/2017

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Admin kali ini akan membagikan informasi seputar acara Akademi Farmasi Samarinda, yaitu Wisuda dan Angkat Sumpah Ahli Madya Farmasi Samarinda Angkatan ke XIV pada tanggal 7 September 2017 dengan meluluskan mahasiswa dan mahasiswinya sebanyak 109 orang.

Acara tersebut berlangsung di hotel Senyiur Samarinda dan dihadiri oleh bapak Gubenur Kalimantan Timur yang diwakili oleh Kepala Provinsi Kalimantan Timur, Kordinator Kopertis XI Kalimantan, Ketua Yayasan Kagama Kalimantan Timur, Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda, Kepala Balai Besar POM Samarinda, Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda, Direktur Rumah Sakit dan Puskesmas se-Kota Samarinda, Direktur Pendidikan Tenaga Kesehatan se-Kaltim.

Acara dimulai dengan masuknya para pembawa pedal yang diikuti oleh Direktur Akademi Farmasi Samarinda (Supomo, M.Si., Apt), Wakil Direktur I Akademi Farmasi Samarinda (Hayatus Sa’adah, M.Sc., Apt), Wakil Direktur II Akademi Farmasi Samarinda (Risa Supriningrum, S.Si., M.Si.) dan Wakil Direktur III Akademi Farmasi Samarinda (Sapri,S.Si.) dengan diiringi oleh lagu “Gaudeamus Igitur”. Kemudian Choir Akfarsam menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia raya” serta “Mars Akademi Farmasi Samarinda”.

Setelah itu, dilanjutkan dengan tari persembahan dari angkatan 16 yaitu tari Jepen. Tarian tersebut sangat menarik perhatian semua orang dikarenakan para penarinya menari dengan sangat lincah dan memberikan aura kebahagiaan bagi yang menonton.

Acara dibuka oleh bapak Direktur Akademi Farmasi Samarinda dan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh bapak Mifta Faridl Marsidik,M.Pd. Selanjutnya sambutan oleh Koordinator KOPERTIS Wilayah XI Kalimantan dengan bapak Prof. Dr. Ir. H. Idiannor Mahyudin, M.Si. Adapun orasi ilmiah disampaikan oleh bapak H. Muhammad Faisal, S.Sos., M.Si dengan tema Komunikasi Efektif, Langkah Awal Penyembuhan Pasien.

Kemudian acara dilanjutkan kembali dengan persembahan lagu “Syukur” dari Choir Akfarsam. Para hadirin yang mendengarkan lagu ini sangat khidmat dan sesekali merasa ‘merinding’ dikarenakan lagu tersebut begitu syahdu didengar oleh telinga.

 

 

 

Setelah itu bapak Direktur Akfarsam memberikan pidato laporan pendidikan yang berisi tentang penerimaan mahasiswa Akademi Farmasi Samarinda dilaksanakan melalui dua jalur yaitu jalur tes SIPENSIMARU dan jalur non tes melalui penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP). Adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang kesehatan menuntut dilakukannya penyesuaian kurikulum tahun 2013 dengan menambah beban studi praktek dan mengurangi beban studi teori dengan komposisi teori 40% dan praktek 60%. Total SKS yang harus diselesaikan selama 6 semester adalah lebih dari 110 SKS. Pada tahun 2017 Akademi Farmasi Samarinda juga telah melaksanakan seminar Kurikulum Khusus D-3 Farmasi dengan mengundang narasumber dan stake holder.

Setelah itu dilanjutkan dengan persembahan lagu “Mars Akademi Farmasi Samarinda” dan “Hymne Kalimantan Timur” dari Choir Akfarsam.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan direktur Akademi Farmasi Samarinda oleh ibu Husnul Warnida, M.Si., Apt dan dilanjutkan dengan wisuda angkatan XIV Akademi Farmasi Samarinda Tahun Akademik 2016/2017. Para wisudawan dan wisudawati satu persatu menaiki panggung dan diberikan penghargaan, ijazah, pemindahan kuncir serta penyerahan plakat sebagai tanda telah resmi sebagai seorang Ahli Madya Farmasi. Kemudian bapak Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur membacakan janji dan sumpah Ahli Madya Farmasi yang diikuti oleh para wisudawan dan wisudawati sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

 

 

 

 

 

 

 

Setelah janji dan sumpah Ahli Madya Farmasi yang dilakukan wisudawan dan wisudawati selesai, dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan kepada “Wisudawan dan Wisudawati Terbaik”, yaitu:

  1. Rusli Evelia Napitupulu, A.Md.Farm dengan IPK 3,86
  2. Nurul Rahmawati, A.Md.Farm dengan IPK 3,76
  3. Resky Dwi Lestari, A.Md.Farm denga IPK 3,76
  4. Muhammad Aidil Fitri, A.Md.Farm dengan IPK 3,65
  5. Muhammad Suhada Nur, A.Md,Farm dengan IPK 3,65

Kenang kenangan tersebut di berikan oleh Direktur Akademi Farmasi Samarinda, bapak Supomo, M.Si., Apt.

Selanjutnya penyerahan kenang-kenangan kepada “Wisudawan dan Wisudawati dengan Karya Tulis Ilmiah Terbaik”, yaitu:

  1. Yunita Rachma Dwinanda, A.Md.Farm., bidang Kimia, dengan judul KTI “Pembuatan Prototipe Test Strip untuk Identifikasi Bahan Kimia Obat Parasetamol pada Jamu”
  2. Chairun Jannah, A.Md.Farm., bidang Farmakognosi, dengan judul KTI “Karakterisasi Simplisia Umbi Paku Atai (Angiopterisferox Copel)”
  3. Dwi Agung Prasetyo,A.Md.Farm., bidang Teknologi Sediaan Farmasi, dengan judul KTI “Formulasi dan Uji Aktivitas Sediaan Gelatin Acne Ekstrak Etanol Daun Rambai Laut ( L)”
  4. Nurul Rahmawati,A.Md.Farm., bidan Farmasi Sosial, dengan judul KTI “Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek Bontang”

Kenang kenangan tersebut di berikan oleh Wakil Direktur I Akademi Farmasi Samarinda, ibu Hayatus Sa’adah, M.Sc., Apt. dan dilanjutkan dengan persembahan lagu “Bagimu Negeri” dari Choir Akfarsam.

Acara selanjutnya sambutan oleh perwakilan wisudawan/i yang disampaikan oleh Rusli Evelia Napitupulu, A.Md.Farm. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Yayasan KAGAMA Provinsi Kalimantan Timur oleh bapak Dr. Ir Robyan, M.Si. dan ditutup oleh sambutan Gubernur Kalimantan Timur yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, bapak Drs. Asaf Diolo, Apt.

Setelah itu bapak Direktur Akademi Farmasi Samarinda menutup sidang Terbuka Senat Akademi Farmasi Samarinda dengan acara wisuda dan angkat sumpah Ahli Madya Farmasi Angkatan XIV Tahun Akademik 2016/2017 dengan mengetuk palu sebanyak 3 kali.

-Admin IP-